Minggu, 16 September 2012

sejarah berdiri mtsn tarusanpessel


1.     Sejarah Berdirinya Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarusan
MTsN Tarusan di dirikan di Tarusan Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan pada tahun 1978.  Sesuai dengan SK Menteri Agama pada tanggal 5 maret 1978, No.16 dan diresmikan oleh Bapak KAKANDEPAG Propinsi Sumatera Barat pada waktu itu.
Pada mulanya Madrasah ini bernama PGA 4 tahun Tarusan dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Kecamatan Koto XI Tarusan dengan berstatus subsidi, berkat perjuangan pengurus bersama masyarakat dan pemerintah terkait, maka PGA 4 tahun berubah status negeri PGAN 4 tahun, yang diresmikan pada bulan Februari 1970 dengan pimpinan Bapak DAHLAN MUIN (Alm) dengan jumlah siswa waktu itu 400 orang.
Kemudian pada tahun 1978 Madrasah ini berubah lagi statusnya dari PGAN 4 tahun menjadi MTsN Tarusan yang berlokasi masih di gedung itu juga (sekarang TK-Al-Janah).
Kemudian pada tahun 1985 MTsN Tarusan dapat bantuan dari Pemerintah berupa satu unit gedung belajar sebanyak 3 lokal berikut ruang kantor dan fasilitasnya. Dalam hal ini Panitia pembangunan MTsN Tarusan berusaha mencari lokasi gedung tersebut, Alhamdulillah dapatlah lokasinya di simpang IV Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan.
Jarak lokasi dari jalan raya kira-kira 100 m, untuk itu diperlukan jalan ke lokasi berhubungan jalan belum ada, hal ini merupakan kendala yang dihadapi panitia pembangunan, berkat keja sama yang baik dengan masyarakat maka dengan rela hati pemilik sawah tersebut membebaskan sebagian sawahnya untuk dijadikan jalan menuju lokasi Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarusan Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisr Selatan.
2.     Kondisi Demografis dan Geografis Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarusan
Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarusan adalah suatu sekolah yang satu-satunya berciri khas sekolah agama, yang mana MTsN Tarusan letaknya di daerah wilayah Kenagarian Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.
Letak Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarusan sangat strategis yaitu ditepi jalan raya Padang-Painan yang berdekatan dengan kantor Camat, Kapolsek, Puskesmas dan Pos Giro, Jarak antara Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarusan dengan empat kantor tersebut antara lain :
1.      Kantor Camat ± 400 m
2.      Kantor Kapolsek ± 300 m
3.      Kantor Puskesmas ± 400 m
4.      Kantor Pos dan Giro ± 450 m
Melihat situasi dan kodisi Madrasah Tsanawiyah Negeri Tarusan itu adalah sangat potensial sekali disamping berdekatan dengan kantor-kantor Dinas instandi, juga banyak rumah penduduk. Dan situasi belajar mengajar sangat nyaman sekali, karena jarak tempat belajar dengan jalan raya ± 300 m (jauh dari kebisingan lalu lintas).
Kemudian Madrasah Tsanawaiyah Negeri Tarusan mempunyai pembatasan seperti :
-            Sebelah Utara berbatasan dengan tanah perumahan milik warga masyarakat yang bernama RUKAYA.
-            Sebelah Timur berbatasan dengan sawah pusaka milik warga masyarakat yang bernama RABUDIN.
-            Sebelah Selatan juga berbatasan dengan sawah pusaka milik warga masyarakat yang bernama DAMIL
-            Sebalah Barat berbatasan degan tanah pusaka milik warga masyarakat yang bernama MUAR
Demikianlah kondisi Demografis dan geografis Madrsahan Tsanawiyah Negeri Tarusan.
3.     Visi dan Misi MTsN Tarusan
Visi MTsN Tarusan adalah :
1.      Membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Mempunyai akhlak dan moral yang tinggi sesuai dengan ajaran agama islam



3.      Bertanggung jawab terhadap keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara
4.      Mengaplikasikan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam bidang sosiaal, budaya, ekonomi dan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar